Olahraga yang Membakar Lemak dengan benar

Bagaimana cara membakar lemak dengan benar pada saat berolah raga?

Berikut hal-hal yang saya sarikan dari beberapa sumber.

Tubuh kita pada saat berolah raga atau beraktivitas akan membakar air terlebih dahulu. Sampai pada level tertentu yang tidak terlalu lama, tubuh akan mulai membakar karbohidrat untuk digantikan menjadi energi. Setelah karbohidrat, tubuh akan membakar lemak. Pembakaran lemak ini pun baru terjadi pada saat keadaan tubuh kita tidak memerlukan banyak energi. Apabila kita berolahraga yang membutuhkan banyak energi, energi harus disupply dengan cepat. Maka tubuh kita akan tetap membakar karbohidrat, karena proses pembakaran lemak lebih lama dibanding karbohidrat.

Olahraga sebaiknya pada pagi hari pada saat kita belum mengkonsumsi makanan. Kenapa? Pada pagi hari, karbohidrat kita pada tingkat yang terendah. Sehingga lebih mudah untuk mencapai proses pembakaran lemak. Tetapi INGAT, olahraga yang dilakukan tidak berat dan dilakukan minimal 30 menit secara konsisten. Ideally 60 menit. Detak jantung harus dijaga 65% dari detak jantung kita. Contoh pengukuran detak jantung, umur saya 30 maka 220 - 30 = 190 adalah detak jantung saya. Maka target olahraga saya adalah detak jantung di 65% x 190 = 123.

Semua olahraga yang dapat mamacu jantung secara konsisten minimal 30 menit adalah ideal untuk membakar lemak. Contohnya berjalan, berlari, sepeda, berenang, dsb.

Pembakaran lemak yang terbanyak adalah pada saat kita tidur. BUKAN PADA SAAT BEROLAH RAGA. Asumsi kebanyakan sering kali salah. Olahraga yang keras, banyak mengeluarkan keringat TIDAK membakar lemak. Sering kali setelah olahraga keras, kita kehausan, kelaparan karena memang cairan tubuh dan karbohidrat yang dibakar sekali lagi BUKAN LEMAK.

Tubuh kita mengeluarkan suatu hormon untuk membakar lemak. Jumlah lemak yang dibakar pada saat tidur sangat tergantung dari metabolisme tubuh kita. Apabila kita jarang berolah raga, maka jumlah hormon yang dikeluarkan juga sedikit sehingga lemak yang dibakar sedikit. Apabila kita rutin berolah raga ini akan merubah metabolisme tubuh, sehingga hormon lebih banyak tercipta dan lemak lebih banyak dibakar. Ada banyak supplement diluar sana yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon ini. INGAT! Supplement hanya membantu meransang, kita tetap harus merubah metabolisme tubuh.

di GYM lakukanlah angkat beban terlebih dahulu untuk membakar karbohidrat. Setelah itu baru lakukan latihan cardeo untuk membakar lemak.

Kurangin makanan yang berlemak, karbohidrat dan manis. Makanan berlemak OBVIOUS banget, lemak yang masuk tentunya ada yang dibuang, dirubah dan disimpan oleh tubuh. Karbohidrat juga demikian, ada yang dibuang, dirubah dan disimpan oleh tubuh. Karbohidrat yang disimpan tubuh akan berubah menjadi lemak. Begitu juga makanan manis.

Comments

Popular Posts